DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 09 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author NABILA, WINDY FEBRIYANTI
dc.date.accessioned 2024-11-05T03:00:54Z
dc.date.available 2024-11-05T03:00:54Z
dc.date.issued 2024-10-22
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25832
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media powtoon terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 09 Medan tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 09 Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain posstest-only control design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes essai. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks anekdot setelah menggunakan model pembelajaran project based learning berbantuan media powtoon 82,73 termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran konvensional 57,73 termasuk dalam kategori kurang baik. Dengan rincian nilai 85-100 ada 16 orang dalam kategori sangat baik, nilai 70-84 ada 11 orang dalam kategori baik, nilai 60-69 ada 3 orang dalam kategori cukup baik, nilai 70-84 5 ada 5 orang dalam aktegori baik, nilai 60-69 ada 10 orang dalam kategori cukup baik, dan nilai 0-59 ada 15 orang dalam kategori kurang baik. Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 23,80 > 1,67 dengan ini hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media powtoon terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 09 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Berbantuan Media Powtoon en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Anekdot en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA NEGERI 09 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account