Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project
based learning berbantuan media powtoon terhadap kemampuan menulis teks
anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 09 Medan tahun ajaran 2023/2024.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 09 Medan.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang
berjumlah 30 orang dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen dengan bentuk desain posstest-only control design. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini tes essai. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan menulis teks anekdot setelah menggunakan model pembelajaran
project based learning berbantuan media powtoon 82,73 termasuk dalam kategori
sangat baik. Sedangkan menulis teks anekdot dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional 57,73 termasuk dalam kategori kurang baik. Dengan
rincian nilai 85-100 ada 16 orang dalam kategori sangat baik, nilai 70-84 ada 11
orang dalam kategori baik, nilai 60-69 ada 3 orang dalam kategori cukup baik,
nilai 70-84 5 ada 5 orang dalam aktegori baik, nilai 60-69 ada 10 orang dalam
kategori cukup baik, dan nilai 0-59 ada 15 orang dalam kategori kurang baik.
Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung > ttabel yaitu 23,80 > 1,67 dengan ini
hipotesis diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran project based learning berbantuan media powtoon terhadap
kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 09 Medan
Tahun Ajaran 2023/2024.