Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based
learning terhadap kemampuan Menentukan Pesan Pada Teks Anekdot oleh
siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut
Sei Tuan dengan jumlah 60 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa dikelas
eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan
Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan Problem
based learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menentukan pesan pada
teks anekdot sesuai tema, menentukan struktur, isi, bahasa, kebahasaan dan
kesan umum pada teks Anekdot. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui
bahwa menentukan pesan pada teks anekdot dengan menggunakan problem
based learning memperoleh nilai rata-rata 81,9 dengan kategori baik, sementara
siswa yang tidak menggunakan Problem Based Learning memperoleh nilai rata
rata 46,8 termasuk ke dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat
diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa
thitung>ttabel yaitu 23,27>2,01. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signitifikan
penggunaan problem based learning menentukan pesan pada teks anekdot oleh
siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2023/2024.