DSpace Repository

Pengaruh Media Rel Kereta Bilangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 105410 Rampah Pekan

Show simple item record

dc.contributor.author Meilianti, Eva
dc.date.accessioned 2024-10-22T07:46:29Z
dc.date.available 2024-10-22T07:46:29Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25513
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 105410 Rampah Pekan, khususnya pada pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti dengan mengamati tingkah laku siswa, peneliti melihat terdapat kejanggalan berupa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran di kelas, hal tersebut disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar yang mereka miliki. Peneliti juga menemukan bahwa pembelajaran di kelas yang masih menggunakan model konvensional (ceramah), sehingga siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV, sampel diambil dari kesuluruhan jumlah populasi, dengan kelas IV-A menjadi kelas eksperimen dan IV-B menjadi kelas kontrol. Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Rel Kereta Bilangan, sedangkan variabel terikat (Y) nya merupakan Motivasi Belajar Siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Uji Expert Judgement untuk melihat kevalidan instrumen melalui penilaian dari dosen ahli, kemudian menggunakan Uji Reliabilitas SPSS 24.0 for windows, selanjutnya penilaian lembar observasi dilakukan pada kelas eksperimen dan kontrol, dengan melakukan penilaian terhadap Pre-Test dan Post Test observasi. Perolehan data kelas eksperimen dan kontrol tersebut berdistribusi normal dan homogen, uji dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji Independent Sample T-Test, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada penggunaan Media Rel Kereta Bilangan terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan terhadap tingkah laku siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran setelah menggunakan media rel kereta bilangan yang diukur melalui lembar observasi. Hasil juga didukung oleh perolehan nilai sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil dari 0,05. Jika didefinisikan maka Ha diterima dan H0 ditolak. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media Rel Kereta Bilangan en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siwa en_US
dc.title Pengaruh Media Rel Kereta Bilangan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 105410 Rampah Pekan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account