Abstract:
Penelitian ini dilatarblakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas
IV SD Negeri 105410 Rampah Pekan, khususnya pada pembelajaran matematika.
Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti
dengan mengamati tingkah laku siswa, peneliti melihat terdapat kejanggalan
berupa siswa yang tidak bersemangat dalam pembelajaran di kelas, hal tersebut
disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar yang mereka miliki. Peneliti juga
menemukan bahwa pembelajaran di kelas yang masih menggunakan model
konvensional (ceramah), sehingga siswa merasa jenuh dalam proses pembelajaran
di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV, sampel diambil dari kesuluruhan
jumlah populasi, dengan kelas IV-A menjadi kelas eksperimen dan IV-B menjadi
kelas kontrol. Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah Media Rel Kereta
Bilangan, sedangkan variabel terikat (Y) nya merupakan Motivasi Belajar Siswa.
Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi. Teknik analisis data
dilakukan menggunakan Uji Expert Judgement untuk melihat kevalidan instrumen
melalui penilaian dari dosen ahli, kemudian menggunakan Uji Reliabilitas SPSS
24.0 for windows, selanjutnya penilaian lembar observasi dilakukan pada kelas
eksperimen dan kontrol, dengan melakukan penilaian terhadap Pre-Test dan Post
Test observasi. Perolehan data kelas eksperimen dan kontrol tersebut berdistribusi
normal dan homogen, uji dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan
homogenitas. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Uji
Independent Sample T-Test, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh secara signifikan pada penggunaan Media Rel Kereta Bilangan terhadap
Motivasi Belajar Siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan terhadap
tingkah laku siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran setelah menggunakan
media rel kereta bilangan yang diukur melalui lembar observasi. Hasil juga
didukung oleh perolehan nilai sig.(2-Tailed) sebesar 0,000 yang mana lebih kecil
dari 0,05. Jika didefinisikan maka Ha diterima dan H0 ditolak.