Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan
menggunakan media interaktif animasi pada pelajaran IPA di kelas V SD 060954
Medan. Jenis penelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket yang digunakan untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan minat belajar siswa. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh
dari penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar siswa. Dari hasil
penelitian Terdapat pengaruh yang signifikan dalam minat belajar siswa kelas V
setelah penerapan media interaktif animasi. Sebelum penerapan media interaktif
animasi, nilai rata-rata minat belajar siswa adalah 66.08. Setelah penerapan media
tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 82.84. Peningkatan mean sebesar 16.76
poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam proses
pembelajaran setelah media interaktif animasi diterapkan. Hal ini dibuktikan Nilai
signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari
ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan demikian,
hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan
yang signifikan dalam minat belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media
interaktif animasi, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya
perbedaan yang signifikan