Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media
pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat berpengaruh pada kreativits
siswa atau tidak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V
SDS Muhammadiyah 25 yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan distribusi
frekuensi nilai hasil observasi siswa sebelum menggunakan media pembelajaran
hasilnya rata-rata nilai sesudah menggunakan Media Pembelajaaran Konvensional
kelas kontrol sebesar 70,79 sedangakan berdasarkan distribusi frekuensi nilai
observasi siswa sesudah menggunakan media pembelajaran Two Stay Two Stray
(TSTS) rata-rata nilai sesudah menggunakan Model pembelajaran TSTS kelas
eksperimen sebesar 84,63 disini dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh media
pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kreativitas belajar siswa kelas
V SDS Muhammadiyah 25 Medan. Berdasarkan penelitian diharapkan siswa lebih
meningkatkan kegiatan belajar ketika pemebelajaran berlangsung, berani
mengajukan pertanyaan memiliki rasa ingin tau yang besar. Hasil penelitian ini
diharapkan menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa PGSD dalam mengenalkan
media pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kreativitas Belajar
siswa sebagai model pembelajaran yang inovatif dan futuristik.