DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Ringkasan Kelas III SDS Bina Taruna Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Tiara Maya
dc.date.accessioned 2024-10-09T09:40:24Z
dc.date.available 2024-10-09T09:40:24Z
dc.date.issued 2024-09-10
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25357
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis ringkasan siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition pada pelajaran Bahasa indonesia di kelas III SDS Bina Taruna Medan. Jenis penelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis ringkasan siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis ringkasan. Dari hasil penelitian Terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis ringkasanmsiswa kelas III setelah penerapan penggunaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Sebelum penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, nilai rata-rata keterampilan menulis ringkasan siswa adalah 58.95. Setelah penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 81.39. Peningkatan mean sebesar -52.4348 poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terampil dan terlibat dalam proses pembelajaran setelah model pembelajaran cooperative integrated reading and composition diterapkan. Hal ini dibuktikan Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih kecil dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis ringkasan siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya perbedaan yang signifikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Cooperative Integrated Reading en_US
dc.subject Composition en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Ringkasan en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Keterampilan Menulis Ringkasan Kelas III SDS Bina Taruna Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account