Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis ringkasan siswa
dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and
composition pada pelajaran Bahasa indonesia di kelas III SDS Bina Taruna
Medan. Jenis penelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test yang digunakan untuk
memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan menulis ringkasan siswa.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk
mengetahui adakah pengaruh dari penggunaan model pembelajaran cooperative
integrated reading and composition terhadap keterampilan menulis ringkasan.
Dari hasil penelitian Terdapat peningkatan yang signifikan dalam keterampilan
menulis ringkasanmsiswa kelas III setelah penerapan penggunaan model
pembelajaran cooperative integrated reading and composition. Sebelum
penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition,
nilai rata-rata keterampilan menulis ringkasan siswa adalah 58.95. Setelah
penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 81.39. Peningkatan
mean sebesar -52.4348 poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih terampil
dan terlibat dalam proses pembelajaran setelah model pembelajaran cooperative
integrated reading and composition diterapkan. Hal ini dibuktikan Nilai
signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, yang jauh lebih kecil
dari ambang batas signifikansi yang umumnya digunakan (0.05). Dengan
demikian, hasil uji t-test ini menolak hipotesis nol (H0) yang menyatakan tidak
ada perbedaan yang signifikan dalam keterampilan menulis ringkasan siswa
sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran cooperative integrated
reading and composition, dan menerima hipotesis alternatif (Ha) yang
menyatakan adanya perbedaan yang signifikan.