Research Repository

Relevansi Konsep Pendidikan Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SDT Muhammadiyah 36 Medan

Show simple item record

dc.date.accessioned 2024-09-20T11:52:17Z
dc.date.available 2024-09-20T11:52:17Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25173
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan berkemajuan KH. Ahmad dahlan dalam penyelenggaraan pendidikan profil pelajar pancasila di kelas IV SDT muhammadiyah 36 medan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang fokus pada pengamatan yang mendalam dapat menghasilkan kajian atau suatu fenomena yang lebih komprehensif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDT muhammadiyah 36 medan yang berjumlah 28 siswa, pada penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Relevansi Konsep Pendidikan Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profil Pelajar Pancasila sudah cukup dan baik berdampak positif pada Profil Pelajar Pancasila dalam mengenal kaidah-kaidah KH. Ahmad Dahlan walaupun masih banyak yang tidak begitu paham. Demikian pula masih terdapat beberapa kendala yang dialami guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Mempersiapkan kondisi kelas, metode pembelajaran yang gunakan hanya dicovery learning Siswa ribut di kelas sehingga kurang efektif dalam proses pembelajaran, siswa kurang bersemangat dalam belajar, Dari hasil observasi didapatkan bahwa rata – rata siswa menjawab iya sebanyak 25 siswa atau 89,29% siswa dan siswa menjawab tidak sebanyak 3 siswa atau 10,71% siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa sudah menerapkan Profil Pelajar Pancasila dengan Konsep Pendidikan Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan, Bagi pendidik diharapkan untuk lebih memperinci lagi Konsep Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profil Pelajar Pancasila agar tercapai secara menyeluruh dan maksimal. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Berkemajuan en_US
dc.subject Pelajar en_US
dc.subject Pancasila en_US
dc.title Relevansi Konsep Pendidikan Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SDT Muhammadiyah 36 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account