Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan
berkemajuan KH. Ahmad dahlan dalam penyelenggaraan pendidikan profil pelajar
pancasila di kelas IV SDT muhammadiyah 36 medan. Metode yang digunakan
adalah metode deskriptif kualitatif metode yang fokus pada pengamatan yang
mendalam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang fokus pada
pengamatan yang mendalam dapat menghasilkan kajian atau suatu fenomena yang
lebih komprehensif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDT muhammadiyah
36 medan yang berjumlah 28 siswa, pada penelitian ini menggunakan lembar
observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Relevansi Konsep Pendidikan
Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Profil
Pelajar Pancasila sudah cukup dan baik berdampak positif pada Profil Pelajar
Pancasila dalam mengenal kaidah-kaidah KH. Ahmad Dahlan walaupun masih
banyak yang tidak begitu paham. Demikian pula masih terdapat beberapa kendala
yang dialami guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran.
Mempersiapkan kondisi kelas, metode pembelajaran yang gunakan hanya dicovery
learning Siswa ribut di kelas sehingga kurang efektif dalam proses pembelajaran,
siswa kurang bersemangat dalam belajar, Dari hasil observasi didapatkan bahwa
rata – rata siswa menjawab iya sebanyak 25 siswa atau 89,29% siswa dan siswa
menjawab tidak sebanyak 3 siswa atau 10,71% siswa. Maka dapat disimpulkan
bahwa siswa sudah menerapkan Profil Pelajar Pancasila dengan Konsep Pendidikan
Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan, Bagi pendidik diharapkan untuk lebih
memperinci lagi Konsep Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan
Pendidikan Profil Pelajar Pancasila agar tercapai secara menyeluruh dan maksimal.