Research Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN PRESENTASI DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPS-1 SMA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author ANNISA, WULANDARI
dc.date.accessioned 2024-09-18T02:06:43Z
dc.date.available 2024-09-18T02:06:43Z
dc.date.issued 2024-08-13
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25139
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui kegiatan presentasi dengan memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran bahasa indonesia kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan interpretasi data secara mendalam. Dengan menggunakan instrument tes yaitu berupa tes lisan Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan berjumlah 22 orang. Sampel penelitian adalah seluruh kelas X IPS-1 yaitu 22 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara melalui kegiatan presentasi dengan memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPS-1 yaitu baik dengan nilai rata-rata mencapai 82,99. Hasil penelitian berupa ketepatan vokal, intonasi suara, urutan kata, kelancaran, bahasa tubuh dan manajemen waktu. Siswa-siswi Kelas X IPS-1 menunjukkan kompetensi verbal yang kuat dalam berbagai konteks. Kemahiran mereka dalam berbahasa Indonesia terlihat dari ketepatan pengucapan vokal dan konsonan, tanpa terpengaruh oleh pengaruh bahasa lain. Mereka memiliki intonasi, tanda baca, pemenggalan kata, dan tempo yang tepat saat berbicara. Terbukti bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang materi pelajaran karena pilihan kata mereka akurat dan ringkas, tanpa pengulangan yang berlebihan. Kemampuan mereka untuk mengartikulasikan ide dengan jelas dan ringkas menunjukkan penguasaan bahasa Indonesia. Mereka terlihat menguasai materi presentasi berdasarkan postur tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, dan gerakan tangan. Selain itu, mereka juga menunjukkan kemampuan manajemen waktu yang baik dengan memulai presentasi dengan pendahuluan yang mudah dipahami, mengalokasikan waktu secara efisien, dan menyelesaikannya tepat waktu. Penggunaan media aplikasi canva dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberikan manfaat yang baik pada siswa kelas X IPS-1 dalam hal kemampuan berbicara dengan kegiatan presentasi en_US
dc.subject Kemampuan Berbicara en_US
dc.subject Kegiatan Presentasi en_US
dc.subject Aplikasi Canva en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN PRESENTASI DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPS-1 SMA SINAR HUSNI HELVETIA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account