Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara melalui
kegiatan presentasi dengan memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran
bahasa indonesia kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan tahun
pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode
deskriptif kuantitatif
dengan interpretasi data secara mendalam. Dengan
menggunakan instrument tes yaitu berupa tes lisan Populasi dalam penelitian ini
adalah kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan berjumlah 22 orang.
Sampel penelitian adalah seluruh kelas X IPS-1 yaitu 22 orang. Hasil penelitian
menunjukan bahwa kemampuan berbicara melalui kegiatan presentasi dengan
memanfaatkan aplikasi canva pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X IPS-1
yaitu baik dengan nilai rata-rata mencapai 82,99. Hasil penelitian berupa
ketepatan vokal, intonasi suara, urutan kata, kelancaran, bahasa tubuh dan
manajemen waktu. Siswa-siswi Kelas X IPS-1 menunjukkan kompetensi verbal
yang kuat dalam berbagai konteks. Kemahiran mereka dalam berbahasa Indonesia
terlihat dari ketepatan pengucapan vokal dan konsonan, tanpa terpengaruh oleh
pengaruh bahasa lain. Mereka memiliki intonasi, tanda baca, pemenggalan kata,
dan tempo yang tepat saat berbicara. Terbukti bahwa mereka memiliki
pemahaman yang kuat tentang materi pelajaran karena pilihan kata mereka akurat
dan ringkas, tanpa pengulangan yang berlebihan. Kemampuan mereka untuk
mengartikulasikan ide dengan jelas dan ringkas menunjukkan penguasaan bahasa
Indonesia. Mereka terlihat menguasai materi presentasi berdasarkan postur tubuh,
ekspresi wajah, kontak mata, dan gerakan tangan. Selain itu, mereka juga
menunjukkan kemampuan manajemen waktu yang baik dengan memulai
presentasi dengan pendahuluan yang mudah dipahami, mengalokasikan waktu
secara efisien, dan menyelesaikannya tepat waktu. Penggunaan media aplikasi
canva dalam pembelajaran bahasa Indonesia memberikan manfaat yang baik pada
siswa kelas X IPS-1 dalam hal kemampuan berbicara dengan kegiatan presentasi