Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI APLIKASI CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA SINAR HUSNI T.P 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author YUNI, AFRIANI
dc.date.accessioned 2024-09-17T03:40:42Z
dc.date.available 2024-09-17T03:40:42Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25111
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI Sma Sinar Husni T/P 2023/2024. Populasi dalam penelitian adalah Siswa Kelas XI IPA-I dan XI IPA-II dengan jumlah 52 siswa. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa dikelas eksperimen dan 26 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media Canva, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menulis teks eksplanasi sesuai tema, menentukan struktur dan menganalisa kaidah kebahasaan pada teks eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media Canva memperoleh nilai rata-rata 82,30 dengan kategori baik, sementara siswa yang tidak menggunakan media Canva memperoleh nilai rata-rata 52,11 termasuk ke dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa > yaitu 13,12>1,78. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signitifikan penggunaan media audiovisual Canva terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Sinar Husni T/P 2023/2024 en_US
dc.subject Media Audiovisual Aplikasi Canva en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL MELALUI APLIKASI CANVA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA SINAR HUSNI T.P 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account