Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Audiovisual terhadap
Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI Sma Sinar Husni T/P
2023/2024. Populasi dalam penelitian adalah Siswa Kelas XI IPA-I dan XI IPA-II
dengan jumlah 52 siswa. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa dikelas
eksperimen dan 26 siswa di kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media
Canva, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan media. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang bersifat
eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yaitu menulis teks
eksplanasi sesuai tema, menentukan struktur dan menganalisa kaidah kebahasaan
pada teks eksplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa
keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media Canva
memperoleh nilai rata-rata 82,30 dengan kategori baik, sementara siswa yang
tidak menggunakan media Canva memperoleh nilai rata-rata 52,11 termasuk ke
dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis
terbukti, melalui uji hipotesis uji-t diterima bahwa
>
yaitu
13,12>1,78. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signitifikan penggunaan media
audiovisual Canva terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas
XI SMA Sinar Husni T/P 2023/2024