Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa dalam
penggunnaan metode dan media pembelajaran yang tidak menarik. Tujuan dalam
penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode
Snowball Throwing terhadap keaktifan belajar IPS siswa dikelas IV SD Negeri
104280 Desa Pulau Gambar. 2. Untuk Mengetahui bagaimana keaktifan belajar IPS
siswa sebelum menggunakan metode Snowball Throwing dikelas IV SD Negeri
104280 Desa Pulau Gambar. 3. Untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar IPS
siswa setelah menggunakan metode Snowball Throwing di SD Negeri 104280 Desa
Pulau Gambar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasinya terdiri
dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104280 Desa Pulau Gambar. Tehnik
pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik total sampling. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini tehnik non-tes berupa lembar observasi. Penelitian
ini untuk memperoleh bukti validitas instrument menggunakan 2 cara, yaitu
validitas isi (content validity) dan validitas konstruk (Contruct Validity). Tehnik
analisis data dalam peneltitian ini menggunakan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis
dapat dilihat bahwa nilai signifikansi (sig.2 tailed) adalah 0,001≤ 0,005. Maka
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Snowball Throwing terhadap
keaktifan belajar IPS siswa