Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan
(reinforcement) oleh guru terhadap keaktifan belajar siswa pada Kelas IV SDN
105388 Kuala Bali T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 105388 Kuala Bali
Tahun Ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan April-Juli Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan
dengan melakukan uji keabsahan data, uji persyaratan analisis dan juga uji
hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil Uji T
menunjukkan bahwa nilai thitung untuk variabel variabel Penguatan
(Reinforcement) Guru (X) adalah 4.509. Sedangkan nilai ttabel yaitu df = n-k,
yaitu 30-2 = 28, maka didapat ttabel sebesar 1.70113, sehingga thitung>ttabel
(4.509>1.70113), dengan nilai sig a=0,001 (0,001<0,05) sehingga dapat
disimpulkan bahwa variable Penguatan (Reinforcement) Guru memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap variable Keaktifan Belajar Siswa. Dengan
demikian dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan
uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai R Square sebesar 0,421 yang
artinya pengaruh variabel Penguatan (Reinforcement) Guru (X) terhadap variabel
Keaktifan Belajar Siswa (Y) adalah sebesar 42,1% (100%-42,1%=57,9%).
Sedangkan sisanya sebesar 57,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.