DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101869 DESA SENA

Show simple item record

dc.contributor.author ADHA, FEBRIANTI
dc.date.accessioned 2024-07-12T04:04:53Z
dc.date.available 2024-07-12T04:04:53Z
dc.date.issued 2024-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24767
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena melalui penerapan Model Problem Based Learning pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata belajar siswa pra siklus hanya 55,5 dengan persentase 30%. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I nilai ketuntasan siswa meningkat dari 30% menjadi 50%. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa lebih meningkat dari 50% menjadi 100%. Tanggapan siswa mengenai model pembelajaran Problem Based Learning adalah 100% menyenangkan, siswa menjadi aktif dan membantu memahami materi pelajaran. en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101869 DESA SENA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account