Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV
SD Negeri 101869 Desa Sena melalui penerapan Model Problem Based Learning
pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap,
yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 20 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning
dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata-rata belajar siswa pra
siklus hanya 55,5 dengan persentase 30%. Setelah diterapkannya model
pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I nilai ketuntasan siswa
meningkat dari 30% menjadi 50%. Pada siklus II nilai ketuntasan siswa lebih
meningkat dari 50% menjadi 100%. Tanggapan siswa mengenai model
pembelajaran Problem Based Learning adalah 100% menyenangkan, siswa
menjadi aktif dan membantu memahami materi pelajaran.