DSpace Repository

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 054875 Selesai T.A 2023/2024.

Show simple item record

dc.contributor.author Fransiska, Lou Wenny
dc.date.accessioned 2024-07-10T08:46:05Z
dc.date.available 2024-07-10T08:46:05Z
dc.date.issued 2024-05-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24668
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 054875 Selesai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi ekperimental design dengan pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal dalam bentuk essay. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 054875 Selesai berjumlah 56 siswa. Penelitian ini memiliki dua kelas yang akan di lakukan dengan perbedaan perlakuan setiap kelas. Teknik pengambilan sampel ini dengan cara Random Sampling pada kelas IVB berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data penelitian diperoleh rata-rata posttest yang dilakukan di kelas eksperimen sebesar 60 kategori “cukup” dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 50 kategori “kurang” dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education lebih baik dan mengalami peningkatan dari pada pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 23 diperoleh hasil Uji Hipotesis penelitian yang menggunakan uji t (independent t tes) dengan pengambilan keputusan dari uji t adalah jika nilai sig (2-tailed) <0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima dan diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,491 > 1,67 maka maka HO ditolak dan HI diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa dapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar matematika materi pecahan mengalami peningkatan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Pecahan. en_US
dc.title Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 054875 Selesai T.A 2023/2024. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account