Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas
IV SDN 054875 Selesai. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi
ekperimental design dengan pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah soal dalam bentuk essay. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV SDN 054875 Selesai berjumlah 56 siswa. Penelitian ini
memiliki dua kelas yang akan di lakukan dengan perbedaan perlakuan setiap kelas.
Teknik pengambilan sampel ini dengan cara Random Sampling pada kelas IVB
berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA berjumlah 29 siswa
sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan data penelitian diperoleh rata-rata posttest yang dilakukan di
kelas eksperimen sebesar 60 kategori “cukup” dengan menggunakan pendekatan
Realistic Mathematic Education dan rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 50
kategori “kurang” dengan menggunakan pendekatan konvensional. Hal tersebut dapat
disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic
Education lebih baik dan mengalami peningkatan dari pada pendekatan konvensional.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 23 diperoleh
hasil Uji Hipotesis penelitian yang menggunakan uji t (independent t tes) dengan
pengambilan keputusan dari uji t adalah jika nilai sig (2-tailed) <0,05 maka Ho
ditolak dan H1 diterima dan diperoleh nilai thitung > ttabel = 7,491 > 1,67 maka maka HO
ditolak dan HI diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa dapat pengaruh yang
signifikan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education
terhadap hasil belajar matematika materi pecahan mengalami peningkatan.