DSpace Repository

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MAHASISWA DITINJAU DARI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF

Show simple item record

dc.contributor.author NURLINDA, EPI
dc.date.accessioned 2024-07-06T04:57:23Z
dc.date.available 2024-07-06T04:57:23Z
dc.date.issued 2024-06-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24594
dc.description.abstract Penelitian ini berangkat dari masalah yang ditemukan, yaitu: kemampuan penalaran matematis (KPM) mahasiswa masih kurang, self efficacy (SE) mahasiswa rendah dalam belajar Matematika, kurangnya penggunaan media interaktif dalam proses pembelajaran serta faktor kemampuan awal matematika (KAM) mahasiswa yang ikut mempengaruhi proses belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap; (1) pengaruh signifikan model PBL dan CTL berbantuan media interaktif terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (2) interaksi antara KAM dan penerapan model pembelajaran terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (3) pengaruh signifikan penerapan model PBL dan CTL berbantuan media nteraktf terhadap self efficacy mahasiswa, (4) mengetahui interaksi antara kemampuan awal matematika mahasiswa dan model pembelajaran terhadap sefl efficacy mahasiswa. Penelitian masuk kategori Quasi experiment, khususnya counter balanced design dengan instrument: (1) tes kemampuan awal matematika mahasiswa, (2) tes kemampuan penalaran matematis mahasiswa, (3) angket self efficacy. Data infrensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan model CTL (Contextual Teaching dan Learning) berbantuan media interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. (2) Terdapat interaksi kemampuan awal matematika (KAM) dan model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa. (3) Kedua kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan model CTL (Contextual Teaching dan Learning) berbantuan media interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap self efficacy mahasiswa. (4) Terdapat interaksi kemampuan awal matematika (KAM) dan model pembelajaran yang digunakan terhadap self efficacy mahasiswa. en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject contextual teaching and learning en_US
dc.subject kemmapuan penalaran matematis en_US
dc.subject self efficacy, media interaktif. en_US
dc.title KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF EFFICACY MAHASISWA DITINJAU DARI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account