DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.author SYAFIRA, IRA
dc.date.accessioned 2024-07-05T07:22:48Z
dc.date.available 2024-07-05T07:22:48Z
dc.date.issued 2024-06-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24543
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Project Based Learning dan kelas eksperimen dengan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran PJBL terhadap kemandirian belajar pesertadidik. (2) Mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap kemandirian belajar pesertadidik. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pesertadidik. (4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemandirian belajar pesertadidik. Populasi dan sampel ini adalah siswa kelas X-10 dan kelas X-7 dengan jumlah masing-masing 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu: (1) Tes kemampuan awal matematika, (2) Tes kemampuan berpikir kreatif, (3) Angket kemandirian belajar siswa. Data penelitian ini dengan menggunakan analisis inferensial dilakukan dengan analisi kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran PjBL dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif yang angka signifikasi modelnya 0,001 < 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dengan model pembelajaran kemampuan berpikir kreatif dengan angka signifikasi yaitu 0,015 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikasi penerapan model pembelajaran PjBL dan Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,006 < 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa dengan angka signifikasi yaitu 0,019 < 0,05. en_US
dc.subject Kemampuan awal matematika en_US
dc.subject Model Project Based Learning en_US
dc.subject Model Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kreatif en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SMA NEGERI 2 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account