dc.description.abstract |
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis augmented
reality yang disebut dengan modul AR-Geo dengan model ADDIE pada materi Geometri
3D di SMA Negeri 3 Medan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan dari modul AR-Geo , dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan
menggunakanmodul AR-Geo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode
research and development (R&D) menggunakan ADDIE. Subjek dari penelitian adalah
siswa kelas XII IPS 1 SMAN 3 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 36 siswa. Jenis
data berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara kualitatif dan
kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian modul AR-Geo
oleh dosen ahli media dan materi, guru matematika, teman sejawat, tes kemampuan siswa
dan angket respon siswa, serta tes kemampuan spasial siswa. Jenis data yaitu data kualitatif
dan data kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan skor ahli materi sebesar 91, 53%
dan skor ahli desain sebesar 90,53% tergolong kategori sangat valid. Modul juga telah
dinyatakan praktis dilihat dari skor angket respon guru sebesar 80,00% tergolong kategori
praktis, dan skor angket pada uji coba kelompok kecil sebesar 84,26% serta pada uji
lapangan sebesar 84,38% tergolong kategori sangat praktis. Keefektifan ditunjukan dengan
83,33% siswa tuntas pada tes hasil belajar, dan hasil perhitungan N-Gain terdapat 17 orang
siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial sedang dan 19 orang siswa mengalami
peningkatan kemampuan spasial tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa modul berbasis augmented reality untuk materi geometri 3D yang telah
dikembangkan layak digunakan |
en_US |