DSpace Repository

PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BASED GEOMETRY MODULE (AR–GEO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PADA PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI 3D DI SMA NEGERI 3 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author ARDININGTYAS, MESAYU
dc.date.accessioned 2024-06-22T03:58:34Z
dc.date.available 2024-06-22T03:58:34Z
dc.date.issued 2024-02-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23994
dc.description.abstract Penelitian bertujuan untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis augmented reality yang disebut dengan modul AR-Geo dengan model ADDIE pada materi Geometri 3D di SMA Negeri 3 Medan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul AR-Geo , dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakanmodul AR-Geo. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode research and development (R&D) menggunakan ADDIE. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMAN 3 Medan tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 36 siswa. Jenis data berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian modul AR-Geo oleh dosen ahli media dan materi, guru matematika, teman sejawat, tes kemampuan siswa dan angket respon siswa, serta tes kemampuan spasial siswa. Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan skor ahli materi sebesar 91, 53% dan skor ahli desain sebesar 90,53% tergolong kategori sangat valid. Modul juga telah dinyatakan praktis dilihat dari skor angket respon guru sebesar 80,00% tergolong kategori praktis, dan skor angket pada uji coba kelompok kecil sebesar 84,26% serta pada uji lapangan sebesar 84,38% tergolong kategori sangat praktis. Keefektifan ditunjukan dengan 83,33% siswa tuntas pada tes hasil belajar, dan hasil perhitungan N-Gain terdapat 17 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial sedang dan 19 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan spasial tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul berbasis augmented reality untuk materi geometri 3D yang telah dikembangkan layak digunakan en_US
dc.subject Augmented Reality en_US
dc.subject geometri 3D en_US
dc.subject kemampuan spasial siswa en_US
dc.subject modul en_US
dc.subject model ADDIE en_US
dc.title PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BASED GEOMETRY MODULE (AR–GEO) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL PADA PEMBELAJARAN MATERI GEOMETRI 3D DI SMA NEGERI 3 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account