DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPIT MIFTAHUL JANNAH

Show simple item record

dc.contributor.author RAMADHAN, RIDWAN
dc.date.accessioned 2024-06-22T01:41:20Z
dc.date.available 2024-06-22T01:41:20Z
dc.date.issued 2024-05-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23984
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melihat: (1) Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (2) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (3) Pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model problem posing terhadap motivasi belajar siswa. (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model Numbered Head Together (NHT) dan kelas eksperimen dengan model problem posing. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B dengan jumlah masing-masing kelas 22 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah, (3) Angket motivasi belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Problem Posing terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang mana angka signifikasi modelnya 0,003 < 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan angka signifikasi Corrected Model yaitu 0,004 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model problem posing terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi modelnya 0,004 < 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa dengan angka signifikasi Corrected Model yaitu 0,037 < 0,05. en_US
dc.subject Kemampuan awal matematika en_US
dc.subject Model Numbered Head Together (NHT), Model Problem Posing en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPIT MIFTAHUL JANNAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account