DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS IBADURRAHMAN STABAT

Show simple item record

dc.contributor.author HENDRIK
dc.date.accessioned 2024-06-22T01:32:28Z
dc.date.available 2024-06-22T01:32:28Z
dc.date.issued 2024-05-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23982
dc.description.abstract Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII MTs Ibadurrahman Stabat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2)Pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa. (3)Interaksi antara model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning serta kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (4)Interaksi antara model Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika siswa, (2) Tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket Kemandirian Belajar Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis covarians dan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa, (3)Tidak terdapat interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD)dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa, (4)Tidak terdapat interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa. en_US
dc.subject Kemampuan Awal Matematika en_US
dc.subject Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS IBADURRAHMAN STABAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account