dc.contributor.author |
HENDRIK |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-22T01:32:28Z |
|
dc.date.available |
2024-06-22T01:32:28Z |
|
dc.date.issued |
2024-05-16 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23982 |
|
dc.description.abstract |
Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Model
Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan
Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII MTs Ibadurrahman Stabat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran
Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. (2)Pengaruh yang signifikan dari model
pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery
Learning terhadap kemandirian belajar siswa. (3)Interaksi antara model
pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dan model pembelajaran Discovery
Learning serta kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa. (4)Interaksi antara model Cooperative Learning Tipe STAD dan model
pembelajaran Discovery Learning dan kemampuan awal matematika siswa
terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal
matematika siswa, (2) Tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Angket
Kemandirian Belajar Siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan dengan
analisis covarians dan ANACOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara model Cooperative Learning Tipe
Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2)Terdapat pengaruh yang signifikan
antara model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division
(STAD) dan model Discovery Learning terhadap kemandirian belajar siswa,
(3)Tidak terdapat interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model
Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD)dan model
Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa, (4)Tidak terdapat
interaksi kemampuan awal matematika siswa dengan model Cooperative Learning
Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning
terhadap kemandirian belajar siswa. |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Awal Matematika |
en_US |
dc.subject |
Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan model Discovery Learning |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII MTS IBADURRAHMAN STABAT |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |