DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP HANG TUAH 1 MEDAN BELAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author WANDA PUTRI, AZANI
dc.date.accessioned 2024-06-21T10:16:47Z
dc.date.available 2024-06-21T10:16:47Z
dc.date.issued 2024-05-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23974
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) berbatuan media sosial Instagram terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen, penelitian ini menggunakan tipe post test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 234 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas ekperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dipilih dengan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun pelajaran 2022/2023 dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbatuan media sosial Instagram berada pada kategori baik karena memperoleh rata-rata 74,99 sedangkan, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan model konvensional berada pada kategori kurang karena memperoleh rata-rata 53,86. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,78 > 1,67, maka dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media sosial Instagram terhadap kemampuan menulis teks eskplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun pelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Project Based Learning (PjBL) en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Menulis, Teks Eksplanasi en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP HANG TUAH 1 MEDAN BELAWAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account