Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran project based
learning (PjBL) berbatuan media sosial Instagram terhadap kemampuan menulis
teks eksplanasi oleh siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun
pembelajaran 2022/2023. Jenis metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan
tipe eksperimen, penelitian ini menggunakan tipe post test only control design.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 234 siswa. Sampel
penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas ekperimen
dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dipilih dengan teknik random sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi
siswa kelas VIII SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun pelajaran 2022/2023
dengan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbatuan media sosial
Instagram berada pada kategori baik karena memperoleh rata-rata 74,99
sedangkan, kemampuan menulis teks eksplanasi dengan model konvensional
berada pada kategori kurang karena memperoleh rata-rata 53,86. Berdasarkan
hasil uji t yang dilakukan, yaitu dengan membandingkan thitung dengan ttabel telah
diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,78 > 1,67, maka dapat di simpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media sosial
Instagram terhadap kemampuan menulis teks eskplanasi oleh siswa kelas VIII
SMP Hang Tuah 1 Medan Belawan tahun pelajaran 2022/2023.