DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author ARIANI, VINA
dc.date.accessioned 2024-06-21T04:02:42Z
dc.date.available 2024-06-21T04:02:42Z
dc.date.issued 2023-10-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23935
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-E yang berjumlah 62 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning rata-rata 72,61 termasuk ke dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan menggunakan model pembelajaran Round Club rata-rata 81,45 termasuk ke dalam kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,21 > 1,670 dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Round Club terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pendek pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Round Club en_US
dc.subject Menganalisis Unsur Cerita Pendek en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account