Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Club
terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pada siswa kelas VIII SMP Islam
Al-Ulum Terpadu Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B dan VIII-E yang berjumlah 62
siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain
postest only control design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk
mengukur keberhasilan model ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian
kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning rata-rata 72,61 termasuk ke dalam kategori
cukup. Sedangkan kemampuan menganalisis unsur cerita pendek dengan
menggunakan model pembelajaran Round Club rata-rata 81,45 termasuk ke dalam
kategori baik. Berdasarkan uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,21 > 1,670
dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Round Club
terhadap kemampuan menganalisis unsur cerita pendek pada siswa kelas VIII
SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.