DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 104190

Show simple item record

dc.contributor.author KHAIRANI, RATIH
dc.date.accessioned 2024-06-21T01:46:14Z
dc.date.available 2024-06-21T01:46:14Z
dc.date.issued 2024-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23923
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis siswa pada bahasa Indonesia kelas II SDN 104190 yang bertempat di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana dalam penelitian ini akan menghitung kemampuan menulis siswa melalui instrument observasi. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah berjumlah 34 siswa dimana untuk siswa perempuan berjumlah 16 siswa dan laki-laki berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji prasyarat terbagi menjadi dua yaitu yang pertama, uji normalitas yang menghasilkan sebelum menggunakan model pembelajaran make a match 0.013 ≥ 0,05 sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran make a match yakni 0.018 ≥ 0,05 dan yang kedua, uji homogenitas dengan menghasilkan 0.102 ≥ 0,05. Pada uji hipotesis menggunakan uji t (independent test) dengan menghasilkan 0.000 ≤ 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan hasil ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis siswa pada bahasa Indonesia kelas II SDN 104190 en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject make a match en_US
dc.subject menulis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 104190 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account