Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
model pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis siswa pada
bahasa Indonesia kelas II SDN 104190 yang bertempat di Desa Paluh Kurau,
Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dimana dalam penelitian ini akan menghitung kemampuan
menulis siswa melalui instrument observasi. Jumlah siswa dalam penelitian ini
adalah berjumlah 34 siswa dimana untuk siswa perempuan berjumlah 16 siswa
dan laki-laki berjumlah 18 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik
analisis data berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Pada uji prasyarat terbagi
menjadi dua yaitu yang pertama, uji normalitas yang menghasilkan sebelum
menggunakan model pembelajaran make a match 0.013 ≥ 0,05 sedangkan setelah
menggunakan model pembelajaran make a match yakni 0.018 ≥ 0,05 dan yang
kedua, uji homogenitas dengan menghasilkan 0.102 ≥ 0,05. Pada uji hipotesis
menggunakan uji t (independent test) dengan menghasilkan 0.000 ≤ 0,05 yang
berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan hasil ini menyatakan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan
menulis siswa pada bahasa Indonesia kelas II SDN 104190