DSpace Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author JIHAN, NABILA
dc.date.accessioned 2024-05-22T01:47:48Z
dc.date.available 2024-05-22T01:47:48Z
dc.date.issued 2023-12-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23686
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian kelas X-2 yang berjumlah 16 siswa sebagai kelas eksperimen dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Metode yang digunakan dalam ini adalah metode eksperimen dengan bentuk desain one group pretest posttest yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan yang belum diberikan perlakuan dan yang telah diberikan perlakuan. Alat atau instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa tes kemampuan menulis teks biografi. Hasil penelitian berdasarkan persentase nilai rata-rata kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunakan metode pembelajaran kontekstual oleh siswa kelas X 2 SMA Nurul Islam Indonesia Medan adalah 55,72 dengan kategori baik dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks biografi sesudah menggunakan metode pembelajaran kontekstual oleh siswa kelas X 2 SMA Nurul Islam Indonesia Medan adalah 64,84 dengan kategori baik. Berdasarkan uji Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -9.115 dengan standar deviasi 4.087 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap pemerolehan nilai pretest dan postest siswa dalam menulis teks biografi en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Teks Biografi en_US
dc.subject Pengaruh Metode Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account