Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran
Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi oleh Siswa Kelas X SMA
Nurul Islam Indonesia Medan Tahun Pembelajaran 2022-2023. Populasi penelitian
ini seluruh siswa kelas X SMA Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 32
siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian kelas X-2 yang berjumlah 16
siswa sebagai kelas eksperimen dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design.
Metode yang digunakan dalam ini adalah metode eksperimen dengan bentuk desain
one group pretest posttest yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada
perbedaan yang belum diberikan perlakuan dan yang telah diberikan perlakuan.
Alat atau instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa tes kemampuan
menulis teks biografi. Hasil penelitian berdasarkan persentase nilai rata-rata
kemampuan menulis teks biografi sebelum menggunakan metode pembelajaran
kontekstual oleh siswa kelas X 2 SMA Nurul Islam Indonesia Medan adalah 55,72
dengan kategori baik dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks biografi sesudah
menggunakan metode pembelajaran kontekstual oleh siswa kelas X 2 SMA Nurul
Islam Indonesia Medan adalah 64,84 dengan kategori baik. Berdasarkan uji
Statistik T-paired diperoleh dari nilai rata-rata perbedaan antara pretest (sebelum
diberikan treatment) dengan posttest (setelah diberikan treatment) yaitu -9.115
dengan standar deviasi 4.087 dan didapatkan nilai siginifikan (2-tailed) 0.000 maka
Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya ada perbedaan yang siginifikan terhadap
pemerolehan nilai pretest dan postest siswa dalam menulis teks biografi