DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRA, ARIANTO
dc.date.accessioned 2024-05-21T01:48:52Z
dc.date.available 2024-05-21T01:48:52Z
dc.date.issued 2024-02-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23679
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap Self-Efficacy siswa, dan (3) interaksi antara model pembelajaran Problem based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) 10 soal UNBK tingkat SMP tahun 2019 untuk KAM/Pre-test , (2) 10 soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa/Post-test, dan (3) 50 soal angket untuk Self Efficacy/Post-test. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis inferensial. Analisis inferensial data dilakukan Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/Pre-test nilai sig 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap Self-Efficacy siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/Pre-test nilai sig 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy. Hal ini terlihat dari hasil uji Two Way ANOVA dengan mengabaikan KAM/pre test nilai sig 0,425 > 0,05, berarti Ho ditolak. en_US
dc.subject PBL en_US
dc.subject ,CTL en_US
dc.subject Kemampuan pemecahan Masalah Matematis en_US
dc.subject Self-Efficacy en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMK Kesehatan Galang Insan Mandiri en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account