DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author FATHARANI, CHAIRUL
dc.date.accessioned 2024-03-02T03:33:05Z
dc.date.available 2024-03-02T03:33:05Z
dc.date.issued 2021-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/23527
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, (3) keterkaitan antara model dan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) keterkaitan antara model dan KAM terhadap kemampuan koneksi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi Teorema Phytagoras, (3) tes kemampuan koneksi matematis. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis covarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari kedua model pembelajaran problem based learning dan discovery learning memiliki pengaruh yang positif terhadap kemmpuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan koneksi matematis siswa. (2) kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan koneksi matematis siswa siswa yang diajar dengan menggunakan model discovery learning. (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran yang berlangsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan kemampuan koneksi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan dari ketiga model pembelajaran yang digunakan, model problem based learning dan discovery learning baik digunakan dan dikondisikan dengan keadaan siswa serta menjadi alternatif bagi guru matematika meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan koneksi matematis siswa dalam pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif. en_US
dc.subject kemampuan awal matematika en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject discovery learning en_US
dc.subject kemampuan pemecahan masalah en_US
dc.subject kemampun koneksi matematis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account