DSpace Repository

Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas V SD Negeri 050700 Secanggang

Show simple item record

dc.contributor.author Kurniawati, Ira
dc.date.accessioned 2023-11-25T03:25:06Z
dc.date.available 2023-11-25T03:25:06Z
dc.date.issued 2023-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22875
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa di kelas V SDN 050700 Secanggang, karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu apakah pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL pada siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 050700 Secanggang yang berjumlah 22 siswa yang terdiri 12 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 050700 Secanggang. Hasil menulis puisi sebelum diterapkan metode CTL terdapat 10 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 45% dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 55%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 59%, dan siswa yang tidak tuntas 9 siswa dengan persentase ketuntasan 41%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 3 siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 91%, dan siswa yang tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 9%. Dengan demikian ada peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 7 siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Puisi en_US
dc.subject Pendekatan Pembelajaran CTL en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas V SD Negeri 050700 Secanggang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account