Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi
siswa di kelas V SDN 050700 Secanggang, karena metode yang digunakan oleh
guru kurang menarik. Rumusan masalah yang terdapat pada penelitian yaitu apakah
pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi
siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan pendekatan
pembelajaran CTL pada siswa kelas V SDN 050700 Secanggang. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2023/2024 dalam dua
siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 050700 Secanggang yang
berjumlah 22 siswa yang terdiri 12 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SDN 050700 Secanggang. Hasil menulis puisi sebelum
diterapkan metode CTL terdapat 10 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan
45% dan siswa yang tidak tuntas 12 siswa dengan persentase ketuntasan 55%. Hasil
ini belum memenuhi KKM yaitu 70. Pada siklus I terdapat 13 siswa yang tuntas
dengan persentase ketuntasan 59%, dan siswa yang tidak tuntas 9 siswa dengan
persentase ketuntasan 41%, berarti ada peningkatan tindakan di siklus I sebanyak 3
siswa, sedangkan siklus II hasilnya mengalami peningkatan lagi yaitu meningkat
terdapat 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 91%, dan siswa yang
tidak tuntas 2 siswa dengan persentase 9%. Dengan demikian ada peningkatan
persentase dari siklus I ke siklus II sebanyak 7 siswa.