Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis cerita
fiksi siswa dengan menerapkan model pembelajaran window shopping pada mata
pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 104209 Saentis. Untuk mengetahui
keterampilan menulis cerita fiksi siswa dengan menerapkan model pembelajaran
konvensional pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 104209 Saentis,
dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran window shopping terhadap
keterampilan menulis cerita fiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV
SDN 104209 Saentis. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104209 Saentis Kec.
Percut Sei Tuan T.A 2022/2023. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model pembelajaran window shopping
memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional. Nilai tertinggi yang diperoleh
siswa dengan menggunakan model pembelajaran window shopping sebesar 93.
Nilai tertinggi yang diperoleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional sebesar 83. Dari penelitian ini, diperoleh bahwa terdapat perbedaan
pada penggunaan model pembelajaran window shopping dan tanpa menggunakan
model pembelajaran window shopping (konvensional). Terdapat pengaruh model
pembelajaran window shopping terhadap keterampilan menulis cerita fiksi pada
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 104209 Saentis.