dc.description.abstract |
Dari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : Hasil
belajar siswa masih belum sesuai dengan harapan, siswa hanya bisa mengerjakan
soal matematika yang sama dengan contoh yang diberikan, siswa kurang
menggunakan pola pikir logis dalam menyelesaikan persoalan matematika, siswa
malu atau takut bertanya kepada guru, model pembelajaran yang tidak bervariasi
dan adanya faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu minimya motivasi
belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: : (1) perbedaan yang signifikan antara
kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif
tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN
Binjai, (2) perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diberi
pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran
kooperatif tipe TPS di MAN Binjai, (3) interaksi yang signifikan antara
kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi
pembelajaran kooperatif tipe TTW di MAN Binjai, (4) interaksi yang signifikan
antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi
pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes
kemampuan komunikasi matematis, (3) angket motivasi belajar siswa. Data
inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis Multivariate Of
Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat
perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TTW dan pembelajaran
TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai F pada
kolom kelas (wilks’ lambda) sebesar 14,325 model TTW lebih unggul daripada
yang menggunakan model TPS (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara
model pembelajaran TTW dan pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa
(3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TTW terhadap
kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa (4) Terdapat
interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TPS terhadap kemampuan
komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. |
en_US |