DSpace Repository

PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X MAN BINJAI T.P 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author Akbar, Rahmat
dc.date.accessioned 2023-07-18T01:13:31Z
dc.date.available 2023-07-18T01:13:31Z
dc.date.issued 2023-02-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20853
dc.description.abstract Dari latar belakang masalah teridentifikasi masalah yang ditemukan yaitu : Hasil belajar siswa masih belum sesuai dengan harapan, siswa hanya bisa mengerjakan soal matematika yang sama dengan contoh yang diberikan, siswa kurang menggunakan pola pikir logis dalam menyelesaikan persoalan matematika, siswa malu atau takut bertanya kepada guru, model pembelajaran yang tidak bervariasi dan adanya faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu minimya motivasi belajar siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: : (1) perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai, (2) perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai, (3) interaksi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TTW di MAN Binjai, (4) interaksi yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe TPS di MAN Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen : (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan komunikasi matematis, (3) angket motivasi belajar siswa. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis Multivariate Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TTW dan pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai F pada kolom kelas (wilks’ lambda) sebesar 14,325 model TTW lebih unggul daripada yang menggunakan model TPS (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran TTW dan pembelajaran TPS terhadap motivasi belajar siswa (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TTW terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa (4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran TPS terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa. en_US
dc.subject Pembelajaran Think Talk Write en_US
dc.subject Pembelajaran Think Pair Share en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Motivasi Belajar Siswa en_US
dc.title PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DAN TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS X MAN BINJAI T.P 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account