DSpace Repository

PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BLANGKEJEREN

Show simple item record

dc.contributor.author SUBAINI
dc.date.accessioned 2023-07-18T00:59:02Z
dc.date.available 2023-07-18T00:59:02Z
dc.date.issued 2023-02-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20851
dc.description.abstract Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) Apakah terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. Jenis penelitian iniadalah eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas eksperimen I yaitu kelas VIII-A menggunakan model Problem solving dan kelas eksperimen II yaitu kelas VIII-B menggunakan model problem based learning. Instrument yang digunakan yaitu tes dan angket. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji manova. Adapun hasil penelitian adalah : 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Siswa; 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning terhadap disposisi matematis Siswa ;3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi; 4) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap disposisi matematis Siswa. en_US
dc.subject Kemampuan Komunikasi Matematis en_US
dc.subject Disposisi Matematis en_US
dc.subject Problem Solvingg en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 BLANGKEJEREN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account