DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK (PMR) DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS AL-HALIM LEDONG BARAT

Show simple item record

dc.contributor.author MARLINA SIAGIAN, UMMI
dc.date.accessioned 2022-11-08T01:22:25Z
dc.date.available 2022-11-08T01:22:25Z
dc.date.issued 2022-08-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19336
dc.description.abstract Pendekatan PMR dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa. Karakteristik pendekatan PMR yang dilakukan mengacu pada keaktifan siswa untuk saling bertukar pendapat pada kegiatan diskusi belajar dengan diberikannya LKPD disetiap pertemuan. Hasil penelitian ini sangat sesuai digunakan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika. Penelitian ini memperoleh sejumlah data seperti hasil skor KAM siswa kelas eksperimen dan kontrol, hasil skor postes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol, hasil skor postes angket kemandirian belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data yang akan dipaparkan adalah analisis data Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa analisis data kemampuan pemahaman konsep siswa, analisis data kemandirian belajar siswa, analisis data interaksi pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemahamankonsep maternatis siswa dan analisis data interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran KAM siswa terhadap kemandirian belajar siswa, artinya siswa yang belajar dengan pendekatan PMR dengan siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional tidak mempunyai perbedaan yang signifikan antara siswa yang berkemampuan awal rendah, sedang dan tinggi terhadap kemandirian belajar siswa.Oleh karena itu, kepada guru matematika di sekolah diharapkan memiliki pengetahuan teoritis maupun keterampikan menggunakan pendekatan PMR dalam prosespembelajaran.Terdapat pengaruh pendekatan PMR dan CTL terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS dengan nilai koefisien determinasi R. Squarenya 0,157. Pengaruh pendekatan PMR dan CTL terhadap kemandirian belajar siswa SMP dengan nilai koefisien determinasi R Squarenya 0,033. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa MTS Al-Halim Ledong Barat. Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar siswa MTS Al-Halim Ledong Barat en_US
dc.subject Pembelajaran Realistik (PMR), en_US
dc.subject Model Pembelajaran Contextual Teaching And Laerning (CTL en_US
dc.subject Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK (PMR) DAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS AL-HALIM LEDONG BARAT en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account