Abstract:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) Mengetahui bagaimana produk media komik
pintar IPA (KOMPA) pada materi sumber energi mata pelajaran IPA. (2) Mengetahui
tingkat kevalidan media. (3) Mengetahui tingkat kepraktisan media. (4) Mengetahui
peningkatan keaktifan belajar siswa dengan adanya media komik. Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu model pengembangan 4-D
yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian; (2) design atau
perancangan; (3) develop atau pengembangan; (4) disseminate atau penyebaran.
Penelitian ini menghasikan bahan ajar berupa media pembelajaran komik pintar IPA
(KOMPA) pada materi sumber energi di sekolah dasar. Berdasarkan hasil validasi
terhadap media pembelajaran rata-rata 100% untuk ahli materi, 89,33% untuk ahli
desain media, 84% untuk ahli bahasa, artinya media pembelajaran kriteria sangat
valid. Hasil kepraktisan terhadap media pembelajaran untuk respon guru diperoleh
nilai 92%, dan untuk respon siswa diperoleh 88,66%, artinya media kriteria sangat
praktis. Penilaian peningkatan keaktifan belajar siswa tidak menggunakan media
pembelajaran dengan hasil 23,86%, penilaian keaktifan belajar siswa menggunakan
media pembelajaran (KOMPA) dengan hasil 83,52% termasuk dengan kriteria sangat
tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
(KOMPA) telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis serta dapat meningkatkan
keaktifan belajar peserta didik di SDS IT Sabilun Najaah.