DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author HUSNA RITONGA, YULDINA
dc.date.accessioned 2022-09-26T03:52:08Z
dc.date.available 2022-09-26T03:52:08Z
dc.date.issued 2021-06-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18455
dc.description.abstract Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (2) pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (3) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (4) pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (5) pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa, (6) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen: (1) tes kemampuan awal matematika siswa, (2) tes kemampuan menyelesaikan soal cerita, (3) tes pemahaman konsep matematis siswa. Data inferensial yang dilakukan dengan menggunakan analisis multivariant (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,031, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,019, (3) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita sebesar 0,020, (4) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,013, (5) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstua dan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita dan pemahaman konsep matematis siswa sebesar 0,027, (6) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita, (7) terdapat interaksi antara model pembelajaran kontekstual dan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa en_US
dc.subject kemampuan awal matematika en_US
dc.subject model pembelajaran kontekstual en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject kemampuan menyelesaikan soal cerita en_US
dc.subject pemahaman konsep matematis siswa. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MTsN 1 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account