DSpace Repository

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author AHMAD PURBA, UMAR
dc.date.accessioned 2022-08-02T01:59:48Z
dc.date.available 2022-08-02T01:59:48Z
dc.date.issued 2021-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18332
dc.description.abstract Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persoalan matematika serta lemahnya pola pikir siswa secara analitik yang mengakibatkan keaktifan, inovasi dan kreativitas dalam belajar menurun. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (2) Apakah model problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitik siswa, (3) Apakah pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (4) Apakah pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kualasimpang tahun ajaran 2020/2021 sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA dan VIIC SMPN 2 Kualasimpang. Kelas eksperimen I diberikan model pembelajaran PBL dan kelas eksperimen II diberikan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Analisis data dilakukan dengan uji paired t-test dan normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (2) Model pembelajaran problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitik siswa, (3) Pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah matematika, (4) Pembelajaran Kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Kemampuan Menyelesaikan Masalah en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Analitik en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject STAD en_US
dc.title EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIK SISWA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account