DSpace Repository

PENGARUH KOMPETENSI, PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL SAINS PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author KHALIK FAJDUANI, ABDUL
dc.date.accessioned 2022-03-14T01:56:06Z
dc.date.available 2022-03-14T01:56:06Z
dc.date.issued 2021-08-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17510
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keberadaan perguruan tinggi sangat penting menjadi penggerak pendidikan di Indonesia. Dalam memberikan pengetahuan, dibutuhkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi, profesionalisme, dan kinerja yang baik. Namun, terdapat beberapa dosen yang belum maksimal dalam pelaksanaan tugasnya sehingga memberikan dampak pada semangat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh variabel kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen terhadap semangat belajar maahasiswa di Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode asosiatif kuantitatif dan data primer yang diperoleh langsung dari responden penelitian yaitu 100 orang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Sosial Sains. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana nilai t hitung > t tabel (3,378 > 1,984) dengan nilai significant 0,001 < alpa 0,05. Profesionalisme berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa dimana nilai t hitung > t tabel (8,681 > 1,984) dengan nilai significant 0,000 < alpa 0,05. Kinerja dosen berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana t hitung > t tabel (4,469 > 1,984) dengan nilai significant 0,000 < alpa 0,05. Kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen secara simultan berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana F hitung > F tabel (182,227 > 2,693) dengan significant 0,000 < alpa 0,05. en_US
dc.subject Kompetensi en_US
dc.subject Profesionalisme en_US
dc.subject Kinerja en_US
dc.subject Semangat Belajar en_US
dc.title PENGARUH KOMPETENSI, PROFESIONALISME DAN KINERJA DOSEN TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS SOSIAL SAINS PADA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account