Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keberadaan perguruan tinggi
sangat penting menjadi penggerak pendidikan di Indonesia. Dalam memberikan
pengetahuan, dibutuhkan tenaga pengajar yang memiliki kompetensi,
profesionalisme, dan kinerja yang baik. Namun, terdapat beberapa dosen yang
belum maksimal dalam pelaksanaan tugasnya sehingga memberikan dampak pada
semangat belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan
menganalisa pengaruh variabel kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen
terhadap semangat belajar maahasiswa di Fakultas Sosial Sains Universitas
Pembangunan Panca Budi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode
asosiatif kuantitatif dan data primer yang diperoleh langsung dari responden
penelitian yaitu 100 orang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di
Fakultas Sosial Sains. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dengan bantuan
program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi
berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana nilai t
hitung > t tabel (3,378 > 1,984) dengan nilai significant 0,001 < alpa 0,05.
Profesionalisme berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa
dimana nilai t hitung > t tabel (8,681 > 1,984) dengan nilai significant 0,000 <
alpa 0,05. Kinerja dosen berpengaruh significant terhadap semangat belajar
mahasiswa, dimana t hitung > t tabel (4,469 > 1,984) dengan nilai significant
0,000 < alpa 0,05. Kompetensi, profesionalisme, dan kinerja dosen secara
simultan berpengaruh significant terhadap semangat belajar mahasiswa, dimana F
hitung > F tabel (182,227 > 2,693) dengan significant 0,000 < alpa 0,05.