Abstract:
Pada era ini khususnya masa pandemic Covid ini, masyarakat lebih
memanfaatkan teknologi guna membeli dan menjual barang atau jasa melalui
internet untuk mengurangi kontak langsung mencegah penyebaran virus Covid 19.
Fenomena ini dikenal dengan perdagangan elektronik atau e-commerce.
Fenomena e-commerce menyediakan pilihan cara berbelanja bagi masyarakat
dengan tidak perlu datang langsung ke toko. Shopee merupakan marketplace pada
peringkat pertama yang paling diminati untuk belanja online disusul oleh
Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. Shopee merupakan e- commerce dengan
kunjungan terbanyak di Indonesia selama masa pandemi yaitu di Q3 dengan rata –
rata total kunjungan sebanyak 96 jutaan perbulannya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, kepercayaan, kemudahan
penggunaan, dan promosi terhadap keputusan belanja online di Shopee pada masa
pandemi Covid – 19. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah
probability sampling sehingga didapatkan sampel berjumlah 98 orang mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan analisa
statistic deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis . Pengolahan data dalam
penelitian ini menggunanakan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa harga, kepercayaan, penggunaan aplikasi dan promosi secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan pembelian.