Abstract:
Penelitian iini idi ilatar ibelakangi ioleh iaktivitas ibelajar isiswa imenurun
iselama iproses ipembelajaran idaring. iRumusan imasalah iyaitu ipengaruh
imodel ipembelajaran iblended ilearning iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas
iIV. iPenelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui iapakah iada ipengaruh imodel
ipembelajaran iblended ilearning iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas iIV
iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung.
Jenis ipenelitian iyang idigunakan iadalah ipenelitian iquasi iexperimental
idesign. iPopulasi ipenelitian iadalah iseluruh isiswa ikelas iIV idi iSD iNegeri
i067240 iMedan iTembung. iSampel iberjumlah i50 isiswa i(24 isiswa ikelas
iexperiment idan i26 isiswa ikelas ikontrol). iPenelitian iini idilakukan ipada
itanggal i22 ijuni i2021 idi iSD iNegeri i067240 iMedan iTembung. iVariabel
ibebas ipada ipenelitian iadalah imodel ipembelajaran iblended ilearning idan
ivariabel iterikat iadalah iaktivitas ibelajar isiswa. iTeknik ianalisis idata
ipenelitian iini iadalah i(1) iuji iprasyarat ianalisis iberupa iuji inormalitas idan iuji
ihomogenitas idan i(2) iuji ihipotesis iberupa iuji it-test. iPengujian ihipotesis
imenggunakan irumus it-test iyang ididahului idengan iuji iprasyarat ianalisis
iyaitu iuji inormalitas idan iuji ihomogenitas.
Hasil ipenelitian imenunjukkan ibahwa, imodel ipembelajaran iblended
ilearning iberpengaruh iterhadap iaktivitas ibelajar isiswa ikelas iIV iSD iNegeri
i067240 iMedan iTembung. iHal iini iterlihat idari idata iadalah ianalisis
ikuantitatif idengan iuji ihipotesis iuji it-test imenggunakan iSPSS i16.0 ifor
iwindows. iData ihasil iuji it-test imenunjukkan ibahwa inilai iSig i(2-tailed)=
i0,04 idengan ipengambilan ikeputusan ijika isignifikasi i<0,05 imaka i iHo
iditolak idan iHa iditerima.