Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah untuk melihat Implementasi Home Visit
pada siswa kelas III SDN 058111 Kampung Satu Sawit Seberang. Tujuan
penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan implementasi Home Visit pada siswa
kelas III SDN 058111 Kampung Satu Sawit Seberang di masa pandemi covid-19. Responden dalam penelitian ini adalah Guru kelas III SDN 058111 dan Siswa
kelas III SDN 058111 Kampung Satu. Penelitian ini dilakukan dengan metode
kualitatif deskriptif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data
yaitu: observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data
yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa
implementasi Home Visit di SDN 058111 Kampung Satu baik digunakan untuk
proses belajar mengajar di masa pandemi covid- 19 selain itu membantu
mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik saat pembelajaran online
dapat dilihat dari hasil pelaksanaan Home Visit yang dilakukan dengan beberapa
tahapan yang pertama, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring dan
evaluasi pembelajaran dan membawa dampak positif bagi pelaksanaan
pembelajaran di masa pandemi covid-19.